Pelatihan Penguatan Kapasitas Guru SMK dalam Pembelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan

Bersama Direktur PPs UNM

Perubahan spektrum SMK pada tahun 2016 menyebabkan beberapa dampak terhadap Kompetensi Keahlian, antara lain 1) adanya perubahan kompetensi keahlian; 2) Perubahan Program 3 Tahun menjadi Program 4 Tahun; 3) Penggabungan Kompetensi Keahlian; dan 4) terdapat kompetensi kKeahlian yang dihilangkan.

Salah satunya terjadi pada perubahan nama kompetensi keahlian terjadi pada perubahan Teknik Gambar Bangunan (TGB) menjadi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Perubahan tersebut diikuti dengan perubahan mata pelajaran dari setiap kompetensi keahlian. Salah satu mata pelajaran yang memerlukan adaptasi oleh guru ialah mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan.

Guru yang selama ini belum pernah mendapatkan materi mengenai Konstruksi Jalan dan Jembatan mengalami kesulitan dalam membawakan materi pelajaran tersebut. Hal ini disebabkan materi Konstruksi Jalan dan Jembatan kurang bahkan tidak dipelajari sewaktu kuliah.

Mencermati kondisi tersebut, program studi Pendidikan teknologi dan kejuruan bekerjasama dengan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Teknik konstruksi dan properti Sulawesi Selatan melaksanakan pelatihan bagi guru pengampu mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 31 Oktober 2022 dan 2 November 2022 di Makassar.

Prof. Dr. Hamsu Abdul Gani, M.Pd. selaku direktur program pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM) hadir membuka kegiatan dan memberikan arahan. Tak lupa beliau mengajak para guru untuk dapat mengembangkan diri dengan melanjutkan studi pada jenjang pascasarjana. Kehadiran guru besar dari Fakultas Teknik ini juga mendorong agar sekolah menengah kejuruan terus meningkatkan Kerjasama demi peningkatan mutu Pendidikan kejuruan, terutama di wilayah Sulawesi Selatan.

Kehadiran program kemitraan masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdi dari Program Pascasarjana UNM untuk memperkuat pemahaman guru program keahlian Teknik konstruksi dan properti memberikan materi kepada peserta didik dalam hal materi pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan.

Ketua Tim Pengabdi kegiatan ini adalah Dr. Anas Arfandi, M.Pd. yang juga merupakan ketua program studi magister Pendidikan teknologi dan kejuruan. Anggota Tim Pengabdi dan juga berperan sebagai narasumber adalah Dr. Ir. Ahmad Rifqi Asrib, MT. dan Akshari Tahir Lopa, ST., MT., selain itu hadir pula sebagai narasumber Dr. Ir. Moh. Junaedy Rahman, ST., MT., yang merupakan dosen yang Ahli Konstruksi Jembatan serta Ir. Reza Hasrul, ST., MT. yang merupakan Ahli Konstruksi Jalan. Seluruh narasumber merupakan dosen tetap pada Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan (PTSP) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Materi pelatihan mengulas seluruh Kompetensi Dasar (KD) yang ada pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan secara komprehensif.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode bauran, dimana Sebagian peserta hadir secara luring dan Sebagian lainnya hadir secara daring. Peserta yang hadir secara luring berasal dari Makassar, Gowa, dan Maros, sementara yang hadir secara daring berasal dari berbagai daerah di Sulawesi selatan.

Di akhir kegiatan, ketua program studi magister Pendidikan teknologi dan kejuruan PPs UNM Dr. Anas Arfandi, M.Pd. melakukan penandatanganan Kerjasama dengan Bapak Mansyur, S.Pd. selaku ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) program keahlian Teknik Konstruksi dan Properti (TKP) Sulawesi Selatan yang juga merupakan guru SMK Negeri 2 Makassar.