Penguatan Kemampuan Guru SMK Negeri 1 Majene

Salah   satu   kompetensi   yang   harus dimiliki   seorang   guru   adalah   kompetensi pedagogik. Kompetensi ini berkaitan dengan kemampuan yang berkaitan dengan pemahaman peserta didik dan pengelola pembelajaran yang mendidik dan dialogis. Permasalahan yang sering muncul pada pembelajaran menunjukkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah masih rendah. Mereka juga belum membiasakan diri dalam berfikir secara kritis. Selain itu, masih banyak guru yang menerapkan pembelajaran yang menuntut hapalan. Pengetahuan dan informasi yang dimiliki siswa masih jarang dihubungkan dengan situasi yang mereka hadapi. Terkadang pengetahuan yang dipelajari di sekolah kurang relevan dengan kehidupan keseharian mereka.

Mencermati kondisi tersebut, program studi Pendidikan teknologi dan kejuruan bekerjasama dengan program studi penelitian dan evaluasi Pendidikan dalam kegiatan program kemitraan Masyarakat (PKM) secara terpadu. Kegiatan ini dilakukan melalui pelatihan guru SMKN 1 Majene dalam melaksanakan pembelajaran dan penilaian yang menerapkan keterampilan berfikir tingkat tinggi. Kegiatan ini berlangsung pada awal bulan juli tahun 2023 di Ruang praktik program keahlian perhotelan SMK Negeri 1 Majene di Kabupaten Majene.

Prof. Dr. Syukur Saud, M.Pd. mewakili direktur program pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM) turut hadir membuka kegiatan dan memberikan arahan. Dalam sambutannya beliau mengajak para peserta untuk terus mengembangkan diri dalam berbagai hal, termasuk diantaranya melanjutkan studi pada jenjang pascasarjana.

Kehadiran tim pengabdi PKM dari PPs UNM dalam rangka mewujudkan Amanah tri dharma perguruan tinggi, terutama dalam meningkatkan mutu Pendidikan di Indonesia, termasuk di Kabupaten Majene yang masuk pada wilayah Propinsi Sulawesi Barat. Ketua Tim Pengabdi kegiatan ini terdiri dari Dr. Anas Arfandi, M.Pd. selaku ketua program studi magister Pendidikan teknologi dan kejuruan (PTK), Dr. Andi Hudiah, M.Pd. selaku dosen program studi magister PTK. Sementara dari program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) hadir Prof. Dr. Syahrul, M.Pd. selaku ketua program studi magister, dan Dr. Iwan Suhardi, MT. selaku dosen program studi PEP.

Kaprodi dan Kepsek
Guru SMKN 1 Majene
Prof. Syahrul