Profil Lulusan

Profil Lulusan S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK):

  • Pendidik Profesional
  • Peneliti Pendidikan Kejuruan
  • Technopreneur

Agar lulusan dapat mencapai profil yang diharapkan, maka rumusan Capaian Pembelajaran pada program studi S2 PTK adalah sebagai berikut:

Aspek Sikap

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  • Mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman yang dinamis.

Aspek Pengetahuan

  • Menguasai teori ilmu pendidikan teknologi dan kejuruan
  • Menguasai teori dan metode  pengembangan kurikulum  teknologi dan kejuruan
  • Menguasai teori belajar dan model pembelajaran bidang teknologi dan kejuruan secara mendalam
  • Menguasai aplikasi teknologi di bidang  pendidikan teknologi dan kejuruan terutama pada pembelajaran digital
  • Menguasai konsep dan aplikasi evaluasi pendidikan teknologi dan kejuruan;
  • Menguasai konsep relevansi eksistensi pendidikan teknologi dan kejuruan dengan kebutuhan industri dan dunia kerja (iduka);
  • Menguasai konsep teoritis dan metode penjaminan mutu bidang pendidikan teknologi dan kejuruan;
  • Menguasai konsep dan metode penelitian bidang pendidikan teknologi dan kejuruan;

Aspek Keterampilan Umum

  • mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  • mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  • mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  • mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  • mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  • mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  • mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Aspek Keterampilan Khusus

  • Mampu menyelesaikan permasalahan di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan  dengan memanfaatkan bidang ilmu  lain secara inter/multi disiplin
  • Mampu mengeksplorasi dan memperluas wawasan keilmuan di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan melalui penelitian dengan pendekatan interdisiplin  atau multidisiplin yang original dan teruji
  • Mampu merumuskan inovasi hasil riset untuk pengembangan ilmu pendidikan teknologi dan kejuruan.
  • Mampu merumuskan konsep perbaikan dan mengkritisi kebijakan pada bidang  pendidikan teknologi dan kejuruan dalam rangka penyelesaian  masalah yang ada.
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui riset inter/multi disiplin, inovasi, teruji bidang pendidikan teknologi dan kejuruan
  • Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni melalui riset untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji di dalam bidang  Pendidikan teknologi dan kejuruan.
  • Mampu mengembangkan inovasi bidang kewirausahaan yang berbasis teknologi informasi untuk berkontribusi dalam menghadapi persaingan global