Kuliah Umum Penyambutan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana UNM

Penerimaan mahasiswa baru Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM) untuk tahun akademik 2023/2024 telah selesai. Berdasarkan Kalender Akademik UNM, upacara penerimaan mahasiswa baru program akademik telah dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2023, dan program profesi telah dilaksanakan pada 14 September 2023. Sebagai bagian dari tradisi akademik UNM, program pascasarjana melakukan penyambutan mahasiswa baru dalam bentuk pemberian Kuliah Umum bagi mahasiswa program doktoral (S3) dan program magister (S2).

Kegiatan kuliah umum dilaksanakan pada Ruang Teater lantai 3 Menara Pinisi UNM pada hari Senin, 18 September 2023. Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH., MH. hadir sebagai pembicara dengan tema Transformasi sosial dan pemerintahan.

Kuliah umum ini dilaksanakan secara luring dan daring. Direktur PPs UNM, Prof. Dr. Hamsu Abdul Gani, M.Pd. melaporkan bahwa pendaftar program PPs tahun 2023 sebanyak 2.537 orang, dan yang berhasil lulus sebanyak 2.015 orang. Program magister lulus sebanyak 1.692 orang dan program doktoral sebanyak 323 orang.

Rektor UNM, Prof. Dr. Husain Syam, M.TP., IPU ASEAN Eng. juga turut menyambut mahasiswa baru PPs dengan memberikan motivasi dan menyampaikan beberapa kebijakan agar mahasiswa dapat menyelesaikan studi lebih cepat dari standar nasional yang telah ditetapkan. Saat ini, telah ada mahasiswa magister yang selesai dengan masa studi 1 tahun 3 bulan, dan pada program doktoral selesai dengan masa studi kurang dari 3 tahun. Pada akhir sambutan, PHS yang menjadi sapaan Prof. Husain Syam juga menyampaikan bahwa sambutan ini merupakan sambutan terakhir beliau sebagai rektor dalam penyambutan mahasiswa pascasarjana UNM. Pada tahun 2024 nanti, merupakan masa akhir jabatannya sebagai rektor UNM untuk periode kedua.


Prof. Zudan yang mencapai guru besarnya pada usia 35 tahun ini menyampaikan materi secara sistematis dan memberikan magnet tersendiri kepada pendengarnya. Ia mengungkapkan perlunya perencanaan yang matang dalam studi pada program pascasarjana. “Jika mahasiswa ingin menyelesaikan studi lebih cepat, maka sejak saat ini mahasiswa sudah memiliki konsep penelitian yang akan dilakukan dan dibahas pada setiap perkuliahan”. Perbedaan kelompok peradaban yang ada di masyarakat sejak zaman dahulu hingga saat ini, terbagi atas 5 kategori. Mulai dari peradaban 1.0 hingga peradaban 5.0. peradaban tersebut perlu disikapi dengan bijak oleh semua pihak, dan hal itu dipraktikkan pada pengelolaan pemerintahan di Sulawesi Barat. Karena itu, sangat penting menyamakan “frekuensi” antar pihak agar tujuan dapat tercapai.

Setelah kegiatan penyambutan, seluruh mahasiswa melakukan pertemuan dengan ketua program studi masing-masing. Ketua program studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK) PPs UNM memaparkan materi kepada 49 mahasiswa yang hadir dan menjelaskan profil S2 PTK beserta kurikulum yang akan ditempuh oleh mahasiswa selama beraktifitas pada program PPs UNM hingga penyelesaian studi.