Program Pascasarjana UNM Sukses menyelenggarakan Visiting Professor dari Jerman

Dalam meningkatkan wawasan dan kompetensi mahasiswa, berbagai upaya terus dilakukan program pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM). Kolaborasi antar program studi, antar institusi, bahkan antar negara sangat penting. Salah satu kolaborasi dilakukan oleh program studi magister Pendidikan Teknologi dan Kejuruan bersama program studi doktoral Pendidikan Vokasi Keteknikan sukses mengadakan Visiting Professor dan Kuliah Tamu.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Aula Lantai 5 Gedung AD PPs UNM pada hari Jumat, 18 November 2022 dipandu oleh Prof. Yasser Abd. Djawad, Ph.D. Hadir sebagai pembicara adalah Prof. Frank Bünning yang merupakan Chair of Engineering Education Study Program Otto von Guerikce Universitat, Magdeburg dan Prof. Astrid Seltrecht yang merupakan Chair of Didactics in Health and Care Otto von Guericke University Magdeburg.

Prof. Dr. Baso Jabu, M.Hum. hadir memberikan sambutan mewakili Direktur PPs UNM menyampaikan terima kasih atas kehadiran kedua tamu. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini akan memberikan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa dalam memahami berbagai perkembangan ilmu pengetahuan terutama pada bidang Pendidikan vokasi dan kejuruan.

Prof. Bünning memaparkan beberapa model penyiapan guru bidang vokasi dari berbagai negara di Eropa dan Asia. Model yang dijalankan suatu negara bisa saja mengadaptasi dari model negara lain, namun tentu saja disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada negara tersebut. Lebih jauh, dijelaskan bahwa Pendidikan kejuruan akan selalu menghadapi berbagai persoalan. Hal ini disebabkan karena banyaknya pihak yang terlibat dan saling berkaitan, serta kompleksitas aspek yang beririsan termasuk di dalamnya aspek politik dan kebijakan.

Prof. Seltrecht memaparkan mengenai pembelajaran pada Pendidikan vokasi dengan memberikan contoh pada proses pembelajaran sekolah Kesehatan dan keperawatan. Kemampuan interpretasi pendidik maupun peserta didik mengenai suatu permasalahan menjadi hal yang perlu pengkajian lebih mendalam. Hal lain yang diungkapkan adalah terbatasnya penelitian kualitatif pada bidang Kesehatan. Penelitian dengan metode kualitatif pada bidang Kesehatan saat ini sedang berkembang di Jerman.

Kegiatan visiting professor ini dilanjutkan dengan penandatanganan implementasi Kerjasama antara Dr. Anas Arfandi, M.Pd. selaku ketua program studi magister Pendidikan Teknologi Kejuruan dan Prof. Dr. Purnamawati, M.Pd. selaku ketua program studi Doktoral Pendidikan Vokasi Keteknikan dengan Prof. Frank Bünning selaku Chair of Engineering Education Study Program Otto von Guerikce Universitat, Magdeburg. Diskusi pembahasan implementasi kerjasama ini turut dihadiri Kepala Pusat Publikasi dan HaKI Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM dan Wakil Dekan bidang Kerjasama Fakultas Teknik UNM.